December 7, 2016

SINGLE BOARD COMPUTER

SINGLE BOARD COMPUTER
BOARD KOMPUTER MINI UNTUK ANEKA MODIFIKASI

بسم الله ارحمان ارحيم


Dunia Informasi Teknologi (IT) adalah dunia yang sangat dinamis dan terus berkembang sepanjang waktu. Modifikasi elektronika menjadi tren yang paling berkembang kedepan semenjak ide IoT (Internet of Things) menjadi bola salju yang terus menggelinding di dunia IT. 

Bagi penyuka/hobby dengan robotik dan atau modifikasi elektronika mungkin sudah terbiasa dengan istilah Single Board Computer, tapi bagi yang sekedar kenal atau hanya pernah mendengar istilah komputer super mini semacam Raspberry PI 1 / 2 dst, mungkin masih belum banyak tau bahwa sekarang ini (hingga tulisan ini ana buat) telah dibuat oleh Developer elektronika berbasis komputer jenis dan tipe single board computer lainnya, sudah populer duluan Raspberry PI

Masih ingat ana, tahun 2014 teman-teman ana yang ahli di bidang elektro menceritakan betapa RASPBERRY PI menjadi tren IT untuk modifikasi robotika bahkan SUPER COMPUTER. Ribet dan hanya orang ahli dibidangnya yang bisa handle??? Sepertinya lambat laun akan menjadi MITOS!! karena para Developer memanjakan para penyuka IT Non Programer Robotik bahkan orang umum (tentunya yang terbiasa dengan komputer HD dan SW) untuk ikut juga dapat meng-explore SINGLE BOARD COMPUTER ini. Mungkinkah???

Saat ini sudah dikembangkan Operating System pendukung Single Board Computer (SBC) dalam bentuk jadi berbasis Windows 10, Android Ver.4 hingga 5, Linux. Sehingga SBC dapat dijadikan seperti komputer pada umumnya untuk kegiatan harian dirumah maupun dikantor bahkan dilapangan namun tetap berukuran mini bahkan tidak lebih besar dari telapak tangan orang dewasa, Ma syaa Alloh.


Tahukah anta banyak ternyata tipe dan jenis lainnya dari kelompok Single Board Computer itu, dibawah ini ana telah kumpulkan infon-infonya (link website dan video trailer):

RASPBERRY
OFFICIAL WEBSITE : www.raspberrypi.org
VIDEO TRAILER :


LATTEPANDA
OFFICIAL WEBSITE : www.lattepanda.com
VIDEO TRAILER :


BANANA PI
OFFICIAL WEBSITE : www.banana-pi.org
VIDEO TRAILER :


UDOO
OFFICIAL WEBSITE : www.udoo.org/udoo-x86/
VIDEO TRAILER :


LEMAKER GUITAR
OFFICIAL WEBSITE : www.lemaker.org
VIDEO TRAILER :


C H I P
OFFICIAL WEBSITE : www.getchip.com 
VIDEO TRAILER :


UP BOARD
OFFICIAL WEBSITE : www.up-board.org
VIDEO TRAILER :


PINE64
OFFICIAL WEBSITE : www.pine64.org
VIDEO TRAILER :


PARALELLA
OFFICIAL WEBSITE : www.parallella.org
VIDEO TRAILER :


JAGUARBOARD
OFFICIAL WEBSITE : www.jaguarboard.org
VIDEO TRAILER :


NANOPC
VIDEO TRAILER :


HUMMINGBOARD
VIDEO TRAILER :


PHIDGETSBC3
OFFICIAL WEBSITE : www.phidgets.com
VIDEO TRAILER :


ORANGE PI
OFFICIAL WEBSITE : www.orangepi.org
VIDEO TRAILER :


ODROID-XU4
VIDEO TRAILER :

Akhirnya tidak ada salahnya kita juga turut serta mengenal dan bahkan turut meng-explore teknologi terbaru ini dan bahkan dapat dijadikan peralatan tambahan untuk membantu menyebarkan dakwah As-Sunnah, bagaimana caranya??? Explore it first.

Semoga bermanfaat, Wassalaamu'alaykum.

Admin

No comments:

Post a Comment